9.10.2008

JADILAH TRENSENTER SYAR’I

Bismillah



Temukan gaya berpakaianmu ukhti muslimah!


1.Menutup dan Melindungi seluruh tubuh, Selain yang Dikecualikan.
“Hai Asma’, sesungguhnya wanita, apabila telah sampai ke tanda kedewasaan (haidh), tidak boleh terlinat bagian tubuhnya kecuali ini dan ini---beliau mengisyaratkan muka dan telapak tangannya—“ (HR abu dawud, Al albani meng-hasan-kannya)

Seratus lima puluh centimeter, seratus dua puluhlima, dan minimal seratus lima belas centimeter. Itulah ukuran kain (jilbab) yang seharusnya engkau pilih wahai ukhti…(dikutip dari majalah Annida). Ya… menutup bahu lah! Biar kalau ada angin rambutmu terlindungi, dan kalau ketarik, bayangan(……..)mu ga keliahatan! Hayoo….yang ini sering ga kamu sadari yaaa…?
2.Bukan Tabarrujj
“… Dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliah dahulu…” (Al Ahzab 33)
Menor, berlebihan, boros, artificial, dan fisik semata. Itulah yang tidak diinginkan Allah SWT. Ia ingin agar mereka cantik, mulia, dan mempesona dengan dandanan iman. Cantik kartena akhlaqnya. Mulia karena ia bukan pameran berjalan yang dipelototi dan diamati. Dan mempesona karena setiap langkahnya adalah pahala, pahala, pahala.
3.Kainnya Tebal
“Akan muncul di akhir umatku, wanita-wanita yang
berpakaian namun pada hakekatnya bertelanjang.
Di atas kepala mereka tedapat sesuatu penaka punuk unta.
Mereka tidak akan memasuki surga, dan tidak juga akan mencium aroma surga.
Padahal bau surga itu dapat dicium dari jarak sekian dan sekian.” (HR Muslim)

Al Imam Ibnu ‘Abdil Barr menjelaskan, bahwa yang dimaksud berpakaian tapi telanjang adalah wanita-wanita yang mengenakan pakaian tipis yang menggambarkan bentuk tubuhnya, belum menutup atau menyembunyikan tubuh yang sebenarnya.
4.Kainnya longgar, Tidak Sempit, dan Tidak “jatuh”
Kisah riwayat Usmah bin Zaid: “rasulullah saw memberiku pakaian Qibthiyah (gaya Mesir) yang tebal, hadiah dari Dihyah Al Kalbiy.”
5.Tidak Diberi wangi Haruman
6.Tidak Menyerupai Pakaian laki-laki
7.tidak menyerupai PakaianOrang Kafir
8.Bukan Merupakan Libasusy Syuhrah

0 komentar: